Rabu, 23 Mei 2012

Langkah-langkah mendalami ilmu komputer dengan benar



Jangan berpikir berat-berat dulu deh. Saya di sini tidak memberikan artikel tentang belajar ilmu komputer secara cepat. Semua ada tahapan-tahapan yang akan dilewati jika anda ingin mendalami ilmu dengan baik dan benar.




1. Mengetahui apa yang kita pelajari
Jika anda sering browsing cari-cari artikel yang menarik untuk anda. Ada baiknya anda mengetahui apa yang anda baca dan kenapa anda tertarik dengan hal tersebut. Jangan langsung belajar begitu saja, dapat ilmu sedikit, langsung anda praktekkan. Contoh, jika anda belajar cara membuat website, anda dapat artikel bagaimana cara membuat website secara instant. Pahami dulu, jawab pertanyaan Apakah? Kenapa? Bagaimana?. Apakah anda benar-benar tertarik dengan ilmu tersebut? Kenapa saya tertarik dengan ilmu tersebut? Bagaimana caranya saya mendekatkan diri pada ilmu tersebut?
Intinya, kenalkan ilmu tersebut seperti PDKT dengan orang yang kita sukai hehe. Anda dapat mencari referensi di pustaka seperti Wikipedia.


2. Mantapkan diri anda, jangan bertele-tele
Jika anda telah memantapkan diri anda untuk belajar ilmu komputer tersebut, jangan berpaling ke ilmu lain. Contoh jika anda ingin belajar membuat website, jangan pelajari dahulu bagaimana cara membuat software. Ini membuat anda 100% tidak memahami ilmu tersebut.


3. Teori
Yah, bagaimanapun teori itu wajib dipahami, walaupun teori hanya berperan 20% . Tanpa teori, ilmu tidak akan bisa dipahami dengan baik. Contoh anda langsung mendapatkan kode-kode untuk membuat website, namun anda tidak tahu apa yang anda lakukan tersebut.


4. Jangan mengeluh belajar dari awal
Seperti membangun rumah, yang dilakukan pertama sekali adalah membuat fondasi yang kuat. Jangan terpengaruh dengan orang yang sudah pada pintar. Belajar dari dasar akan lebih bagus dipahami daripada praktek langsung dengan bagian-bagian yang tidak kita ketahui dasarnya. Contohnya, kita menonton film kartun, tertarik? langsung buat karakter kartun tersebut tanpa tahu bagaimana cara menggerakkan karakter tersebut agar bergerak layaknya film kartun. Di sini kerja keras kita patut diuji, karena saya yakin kerja keras itu membuahkan hasil, jadi jangan mengeluh.


5. Jangan lupa memberikan ilmu kepada newbie
Ini yang sangat penting bagi anda sendiri, seorang tingkat menengah yang telah memahami ilmu tersebut dengan benar. Jangan pelit memberikan ilmu yang telah anda pelajari kepada semua orang secara gratis. Karena dengan anda memberikan ilmu tersebut anda akan mendapatkan kritik,saran dan pahala hehe.. Yang menilai kita handal itu bukanlah kita sendiri, namun orang lain.


6. Kembangkan imajinasi anda dengan hal baru
Jika anda telah mendapatkan penilaian dari orang lain. Jangan lupa kembangkan ilmu anda tersebut dengan hal-hal baru. Di sini anda akan mendapatkan hasil kerja keras anda tersebut. Karena jika ilmu ga diupdate, bakal lupa deh


7. Tentukan wadah komersil
Tentukan siapa orang yang anda komersilkan. Ga mungkin para newbie langsung dikasih harga langsung untuk belajar. Seperti situs-situs yang ingin belajar SEO, mereka harus mengeluarkan uang untuk belajar ilmu tersebut. Apakah anda tahu, darimana anda dapatkan ilmu tersebut? Anda pasti newbie dulunya. Jadi menurut saya adalah jika anda memberikan secara gratis, tentukan modulnya begitu juga sebaliknya untuk dikomersilkan.
Gratis = Bagaimana kita mempelajari hal tersebut
Komersil = Bagaimana pengembangan hasil ilmu yang sebelumnya kita pelajari


8. Jangan lupa bersedekah
Hehehe.. nah ini paling sangat penting. Jangan lupa bersedekah dari hasil kerja keras kita tersebut. Contoh anda mendapatkan project 1 juta, akan lebih baik anda sedekahkan sebagian dari uang tersebut. Pengalaman pribadi saya sendiri, ini memang manjur. Saya berharap, saya bisa memberikan sedekah saya terus menerus karena rezeki tersebut hasilnya dari Tuhan. Bukan berharap, jika saya memberikan sedekah ini, saya bisa kaya dan sukses.


Blog saya ini tidak bersifat komersil, saya tidak mencari PR ataupun rank alexa. Akan tetapi tujuan saya adalah saya dapat memberikan pengalaman saya kepada anda semua.

Tidak ada komentar: